Selasa, 24 April 2012

Tips Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Buat teman-teman yang takut kena batu ginjal...
disini saya akan memberikan beberapa tips untuk pencengah penyakit Batu ginjal :
Adapun tipsnya salah satunya dengan cara
menkonsusi makanan yang bisa mencengah penyakit tersebut.
Misalnya :
1. Konsumsi Buah dibawah ini :
******JERUK NIPIS******
Jeruk nipis dapat mencegah timbulnya batu ginjal dan kekambuhan batu ginjal, 

khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Demikian, penelitian yang dilakukan Prof. Sja’bani,
Kepala Instalasi Renal RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. 
meneliti keluarga penderita batu ginjal pada tahun 1996. 
Pada keluarga laki-laki  tersebut terdapat batu ginjal dan keluarga perempuan tidak ada batu ginjal sama sekali.
Setelah ditelusuri, ternyata keluarga perempuan tersebut 
suka mengonsumsi jeruk nipis yang ditujukan untuk melangsingkan tubuh.

Hasil penelitian lebih lanjut, jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Pasalnya, penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah.

Jeruk nipis lokal (citrus aurantifolia swingle bulat) memiliki kandungan sitrat 10 kali lebih besar ketimbang jeruk keprok. Sedangkan dibandingkan jeruk manis, jeruk nipis memiliki kandungan sitrat enam kali lebih tinggi. Jeruk nipis lokal memiliki kandungan sitrat sebesar 55,6 gram/kg, jeruk keprok (citrus nobilis lour) 5,4 gram/kg dan jeruk manis (Citrus sinensis Osb) mencapai 8,75 gram/kg.


Dikonsumsi sesudah makan malam
Mengonsumsi jeruk nipis setiap hari berdampak baik bagi kesehatan ginjal Anda. Biasanya sitrat di dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam dan menjelang pagi hari. Jadi pemberikan jeruk nipis menjadi lebih bagus hasilnya bila dikonsumsi sesaat sesudah makan malam.

Cara mengonsumsinya: peras dua buah jeruk nipis berukuran sekitar 4,5 cm yang diencerkan dalam dua gelas air. Konsumsi malam hari sesaat sesudah makan malam.


*******SEMANGKA******





Semangka tak hanya segar rasanya tetapi juga sangat sehat untuk tubuh. Kenyataannya sebagian besar buah jenis ini amat kaya dengan zat potasium, sebuah zat gizi yang mampu membantu mengendalikan tekanan darah, mengatur denyut jantung, dan mungkin bisa mencegah  serangan stroke. Konsumsi makanan yang kaya potasium terbukti mencegah garam menaikkan tekanan darah dan mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal dan penyakit pengeroposan tulang. Orang dewasa umumnya dianjurkan untuk mengkonsumsi 4.700 mg per hari (sementara menjaga asupan garam untuk tidak melebihi 2.300 mg atau sama dengan satu sendok teh per harinya).

Semangka juga melimpah dengan kandungan vitamin C, salah satu dari tiga zat antioksidan yang memerangi penyakit. Zat berguna lainnya yang ada dalam semangka ialah betakaroten.
Para peneliti yakin bahwa betakaroten dan vitamin C mampu mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Tidak peduli bagaimana kita mengkonsumsinya, kandungan gizi semangka tidak bisa diremehkan.
Semangka ialah salah satu sumber likopen, sehenis karotenoid yang telah diketahui efeknya dalam tubuh manusia. Penelitian menunjukkan likopen ini bermanfaat dalam mengurangi risiko gangguan prostat, paru-paru, usus besar, payudara, dan endometri.
Apakah Anda memilih mengkonsumsi semangka karena khasiat kesehatannya atau hanya karena rasanya yang segar di tenggorokan, semangka bisa dimakan sebagai selingan yang menyehatkan orang di segala lapisan usia.

******MANGGIS******
yang luar biasa. Berikut ini kami sajikan 17 + 34 Khasiat dan Manfaat dari Buah Manggis
  • Menyembuhkan dan Pencegahan Penyakit KankerMencegah Penyakit
  • Mematikan.  Mengurangi Berat Badan. .
  • Menghilangkan Rasa Sakit. 
  • Mencegah Penyakit Jantung. 
  •  Melawan Radikal BebasMengurangi Tekanan Darah Tinggi.  Memelihara PencernaanMenjaga Saluran Kencing. 
  •  Mengatasi Gangguan Pernapasan. 
  •  Menyembuhkan Asma
  • Mengobati dan Mencegah Diabetes. 
  •  Memelihara Kemampuan Mental
  • Meningkatkan Energi
  • Menurunkan Kolestrol. 
  •  Mengatasi Batu Ginjal
  • Mencegah Gangguan Penglihatan. 
2. Batasi makanan tertentu
Mengingat jenis batu ginjal idiopatik ditemukan pada 80 persen penderita batu ginjal, maka pencegahan batu ginjal jenis ini sangat penting. Yaitu dengan cara membatasi mengonsumsi garam atau makanan yang asin, mengonsumsi masukan kalsium yang cukup dan protein rendah fosfat. Dengan cara makan seperti itu diharapkan dapat menurunkan atau mencegah terjadinya batu ginjal sehingga ginjal Anda tetap terjaga kesehatannya dan dapat berfungsi dengan baik.
3. Pencegahan Batu Ginjal
·         Minum cukup 2 - 2,5 liter per hari
·         Hindari minuman atau makanan yang banyak mengandung ion lithogenik berupa coklat, teh, jeroan, seafood, susu dan keju.
·         Konsumsi cukup inhibitor seperti terdapat dalam jeruk nipis dan rumput laut.
·         Banyak bergerak.
·         Tidur telentang.
·         Bila terjadi keluhan sebaiknya secepatnya konsultasi dengan dokter.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar